Tuesday, December 29, 2015

Cara Mudah Asah Kemampuan Motorik Kasar si Kecil

Kemampuan motorik, baik kasar maupun halus, sangat bermanfaat untuk anak. Pakar mengatakan untuk memaksimalkannya, kemampuan motorik harus diasah.

Ratih Zulhaqqi, MPsi, psikolog anak dan remaja dari RaQQi - Human Development & Learning Centre mengatakan kemampuan motorik kasar bisa diasah dengan cara yang mudah dan murah. Misalnya dengan menstimulasi anak dengan permainan zaman dulu.

"Permainan zaman dulu seperti angklek atau lombat tali bagus untuk melatih motorik kasar anak," tutur Ratih, dalam perbincangan dengan detikHealth, dan ditulis Rabu (30/12/2015).

Intinya menurut Ratih, anak harus dilatih dengan stimulasi apapun bentuknya. Bisa dengan bermain ataupun stimulasi lainnya dari orang tua.

dr Meta Hanindita, SpA, dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan cara mengasah kemampuan motorik si kecil bisa disesuaikan dengan usianya. Cara paling mudah adalah dengan tidak menggendong anak terus-menerus.

Misalnya pada anak usia 7-8 bulan, anak sering didirikan di pangkuan ibu untuk melatih kekuatan kakinya. Untuk melatih kekuatan otot lain seperti leher, lengan, paha, perut dan pinggang, bisa dengan menyodorkan cermin. Anak akan bergerak dan senang melihat bayangannya sendiri.

Terakhir, dr Meta juga berpesan agar orang tua tak bosan-bosan untuk mengajak anak bermain. Permainan apapun bisa melatih kemampuan motorik kasar anak tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan rumit.

"Banyak kok yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang. Sering-sering ajak anak bermain, taruh mainan anak di atas kursi yang setinggi anak agar ia terlatih berdiri sendiri untuk menggapai mainannya. Untuk anak yang lebih besar, ajak main petak umpet, halang rintang, kucing-kucingan," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment